Rabu, 03 September 2008

MENJAGA KESEHATAN DENGAN GOSOK GIGI

MENJAGA KESEHATAN DENGAN GOSOK GIGI :

Siapapun tahu gosok gigi adalah rutinitas yang penting dalam menjaga dan memelihara kesehatan gigi karena itu dianjurkan menggosok gigi setiap hari. Rasulullah SAW pun menyuruh umatnya untuk senantiasa menggosok gigi. “ Andaikan saya tidak khawatir memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan wajib bersiwak (gosok gigi) pada tiap tiap sholat” ( H.R. Bukhari Muslim)
Sikat gigi seperti apa yang sebaiknya dibeli ? kemajuan teknologi saat ini hampir merata di segala segi termasuk dalam bidang sikat gigi. Banyak perusahaan sikat gigi terus melakukan inovasi baik dari sisi pegangan hingga bulu bulu sikat untuk mendapatkan sikat gigi yang ideal. Dari sikat gigi manual hingga sikat gigi elektrik. Jika anda memiliki penyakit gusi pakailah sikat gigi elektrik karena getaran yang ditimbulkan dapat membantu memijit gusi dan mempercepat penyembuhan. Namun apapun sikat gigi yang menjadi pilihan anda, baik itu yang lurus atau bengkok, manual atau elektrik, bermodel atau sederhana, sebaiknya pilihlah sikat gigi yang berkepala kecil dengan pegangan yang panjang. Bulu sikat lembut agar tidak merusak gigi dan gusi.
Seberapa sering harus mengganti sikat gigi ? sikat gigi yang sudah aus dengan bulu yang sudah hampir rata tidak dapat membersihkan gigi dengan baik malah menjadi sarang bagi bakteri. Gantilah sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali atau sesegera jika bulu bulunya tidak lagi lurus
Jenis pasta gigi apa yang baik untuk gigi ? barkaitan dengan pasta gigi, jenis pasta gigi yang anda gunakan tidaklah penting. Anda dapat memakai pasta gigi apapun yang anda inginkan sejauh pasta gigi tersebut mengandung fluoride.
Bagaimana menyikat gigi yang baik ? yang terpenting jangan tergesa gesa. Anda memiliki 32 gigi yang harus dibersihkan sehingga bukan pekerjaan yang hanya 10 detik. Tempatkan sikat gigi pada sudut 45 derajat, gunakan gerakan melingkar, perlahan lahan tarik dan masukkan sikat gigi sepanjang permukaan gigi atas, belakang, samping dan depan. Jangan lupa menyikat sepanjang garis gusi dan belakang gigi.
Berapa lama sebaiknya menyikat gigi ? sikatlah gigi minimal dua kali sehari sebaiknya setelah makan selama tiga menit. Jika anda menyikat gigi tiga kali sehari itu jauh lebih baik.
Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh muslim dari Aisyah r.a., Rasulullah bersabda : Sepuluh macam dari fitrah (perbuatan sehari hari para nabi ) yaitu : memotong kumis, memelihara jenggot, siwak (gosok gigi), menghirup air ke hidung, memotong kuku, membasuh liku telinga atau sela sela kuku jari jari, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, cebok dan berkumur.

REFERENSI :
” Embun “ Bulletin binroh Islam RSU Dr. Soetomo, Jumat 16 Mei 2008

Tidak ada komentar: