Rabu, 17 September 2008

TIPS MEMULAI HARI DENGAN CERAH

TIPS MEMULAI HARI DENGAN CERAH

Hari yang cerah bukan ditandai dengan matahari yang bersinar terang atau udara yang sejuk, melainkan dari hati dan pikiran yang segar. Kecerahan suatu hari dimulai dari diri and sendiri. Kita tahu bahwa sesuatu yang dimulai dengan baik merupakan separuh dari pencapaian tujuan.
Karena itu, memulai aktivitas hari ini dengan keceerahan suasana adalah modal bsar untuk menyelesaikan hari dengan baik pula. Bagaimana memulai hari dengan cerah sangat dipengaruhi oleh pola hidup kita.
Berikut ini beberapa tips ringan agar kita bias memulai hari dengan cerah.
1. Mulailah dari malam hari. Kita tak bias berharap bangun dengan segar jika malam harinya tak cukup tidur nyenyak. Hari esok yang cerah dimulai dari mala mini. Bila anda masih mempunyai masalah, yakinlah masih ada waktu esok untuk menyelesaikannya lebih baik lagi. Malam ini, beristirahatlah sebaik baiknya. Dan jangan lupa berdo’alah sebelum tidur serta banyak beristigfar kepada Allah SWT.
2. Bangun lebih pagi. Bangunlah lebih pagi. Jumpai keheningan dan kesunyian. Pagi buta adalah saat yang tepat untuk menemukan sisi damai diri anda. Jika anda sanggup laksanakan pula shalat tahajud untuk menjaga fisik kita, kemudian salat subuh berjamaah terutama di masjid.
3. Tenangkan pikiran dan tentramkan jiwa. Jangan terburu melakukan aktivitas. Resapi saja suasana pagi yang damai ini. Berdoa, sampaikan syukur atas hidup yang masih diberikan kepada kita.
4. Segarkan tubuh. Minum air. Berjalan jalanlah keluar. Pompa udara banyak banyak ke dalam paru paru. Lakukan olahraga ringan. Mandi dengan air segar. Bersihkan tubuh baik baik. Tetaplah mengingat janji anda tadi pagi untuk melakukan sesutau yang berguna bagi semesta hari ini.
5. Dapatkan sarapan secukupnya. Isi perut anda secukupnya. Sarapan yang baik adalah modal untuk kebugaran tubuh anda sepanjang hari. Jangan asal kenyang, namun cukupkan kebutuhan energy dan gizi. Makanlah sebelum kalian lapar dan berhentilah makan sebelum kamu kenyang ( Nabi Muhammad SAW).
Selamat bekerja serta selamat bercerah hati.

REFERENSI
“embun” bulletin binroh islam RSU Dr. Soetomo. Jumat, 30 Mei 2008

Tidak ada komentar: