Rabu, 17 September 2008

Teratur dalam segala urusan

Teratur dalam segala urusan

Tawadzun
Teratur dalam kehidupan berarti kita menerapkan keseimbangan dalam kehidupan kita Semua yang ada di alam ini berdasarkan hukum keseimbangan sehingga terjadi keteraturan, begitu juga dalam kehidupan manusia. Manusia akan berhasil dalam kehidupannya jika ia menerapkan prinsip keteraturan.
Teratur dalam semua hal, walaupun itu urusan yang kecil akan semakin menghemat waktu kita dan mengefisienkan kerja kita. Hal tersebut akan mendorong kita ke arah perbaikan diri dan pencapaian tujuan yang efektif. Mulailah dengan hal kecil sekarang juga tepat dikatakan untuk menerapkan prinsip teratur dalam semua urusan. Urusan terkecil ini misalnya mulai dengan keseharian kita. Menata kamar dan tempat tidur kita walaupun itu sepele tapi merupakan langkah awal yang perlu dimulai. Dengan menaruh benda-benda pada tempatnya kita akan menghemat waktu mencari jika sewaktu-waktu kita membutuhkannya lagi.
Jadwal harian akan semakin membantu kita untuk teratur. Di dalam lingkungan selalu ada peraturan yang dibuat, baik itu tertulis atau tidak. Peraturan tersebut berguna untuk menjaga keteraturan kehidupan kita, maka hendaknya kita menaatinya. Walaupun peraturan tersebut tidak bersangsi.
Untuk mematuhinya kita harus tahu tata tertib apa saja yang berlaku di lingkungan kita, misalnya saja di sekolah. Setelah tahu sebagai seorang warga yang bertanggung jawab kita harus mematuhinya. Sekali lagi dengan mematuhi tata tertib tersebut akan membawa dampak keteraturan dalam setiap sendi kehidupan yang diatur di dalamnya .


Referensi :

1. Al-Hilali, Majdi Dr (1999). 38 Sifat Generasi Unggulan (cet I). Terjemahan.Jakarta : Gema Insani Press.
2. Al-Qardhawi, Yusuf(1996). Manajemen Waktu (cet II). Terjemahan.Bandung:Penerbit Pustaka
3. Prayitno, Irwan Dr (2002). Ma’rifah Al-Insaan (cetakan II). Bekasi : Pustaka Tarbiatuna.

Tidak ada komentar: