Rabu, 17 September 2008

Tetanus

Pengertian Tetanus adalah Suatu penyakit yang diakibatkan oleh racun yang dijangkitkan oleh kuman Clostridium tetani. Gejala-gejalanya ialah mulut kaku, otot-otot kaku, dan kejang-kejang. Kadang-kadang perut penderita menjadi keras sekali seperti papan.
Pencegahan dan Penanganan
Kuman tetanus dapat masuk melalui luka di kulit. Apabila sudah terkena, penderita harus dirawat di rumah sakit.
Pada waktu anak-anak, biasanya pencegahan terhadap penyakit ini sudah diberikan. Pencegahan biasanya diberikan kepada mereka yang mengalami luka yang dikhawatirkan akan tercemar kuman tetanus.
Apabila Anda pernah mendapatkan suntikan antitetanus, catatlah tanggal pemberian tersebut. Hal itu diperlukan apabila pada suatu saat Anda mengalami luka semacam itu lagi, dan memerlukan suntikan pencegahan tetanus. Karena suntikan serum semacam itu dapat menimbulkan reaksi kepekaan. Jika suntikan itu harus diulang lagi, pada orang yang peka akan dapat menimbulkan reaksi yang hebat, bahkan sampai terjadi shock.
Indikasi untuk mendapatkan suntikan antitetanus ialah:
1. Luka-luka yang besar.
2. Luka-luka di leher dan muka.
3. Luka tembak yang sudah disertai jaringan otot yang mati.
4. Luka yang terlambat mendapat perawatan.
5. Ada gejala-gejala terkena tetanus.
6. Luka tusuk dan gigitan binatang yang cukup dalam.
Suntikan pencegahan tersebut terutama diberikan kepada mereka yang belum pernah mendapatkannya. Bila sudah pernah mendapatkannya, maka akan diberikan suntikan booster (penguat).


referensi :
modul PPGD BSMR; dr adibrata

Tidak ada komentar: